Makan Dengan Secukupnya Dalam Islam

Image
Assalamualaikum sahabat kabar islami, gimana kabarnya ?? Semoga sehat ya dan selalu dilancarkan rezekinya amiin. Oiya kali ini mimin dapet kutipan dari salah satu artikel yang akan membahas tentang Makan Dengan Secukupnya. Di zaman post-modern sekarang ini, makan dan sajian makanan sudah menjadi hal yang kompleks. Lebih-lebih di kota besar, ketika sebagian orang mencari sesuap nasi sejak dini hari, sebagian yang lain justru baru pulang dari makan dan minum di bar-bar atau kafe. Tingkah manusia dalam soal makan juga macam-macam. Kita sering mendengar sindiran, bahwa kalau orang miskin masih bingung mesti makan 'apa' hari ini, maka orang kaya selalu bingung makan 'di mana'. Adapun mereka yang teramat kaya (dan tidak punya moral Pancasila) -- dan duitnya berlimpah dari kredit bermasalah, misalnya -- sudah tidak memikirkan makan 'di mana', tapi lebih dari itu: makan 'siapa' hari ini. Terlepas dari kelakar tadi, Islam sendiri sebetulnya membolehkan kita mak…

Bersyukur Dalam Islam



Assalamualaikum sahabat islami semoga kalian sehat dan dilapangkan rezekinya Amiin. Kali ini admin bakalan menukil sedikit tentang bagaimana bersyukur dalam Islam, yuk disimak.


Apa sih yang membuat hidup merasa tidak bahagia? hal yang membuat kita tidak bahagia karena rencana dan angan-angan tidak sejalan dengan kenyataan yang kita jalani. Akibatnya ada penolakan dan rasa kecewa di dalam hati kita. Sebenranya perlu di ketahui bahwa hidup ini kadang memang tdak sejalan atas apa yang kita angankan, ketahuilah bahwa tuhan itu maha adil, dia tidak memberikan semua apa yang kita inginkan melainkan ia memberikan apa yang kita butuhkan, cuma terkadang kita tidak menyadari apa yang sebenarnya kita butuhkan sehingga tuhan memberikannya tanpa kita sadari melalui cobaan dan realita yangberbeda dengan angan-angan kita.

Lalu apa yang harus menjadi tindakan kita ?  Bersyukurlah hal yang paling tepat didalam kita menjalani hidup di dunia ini. Lalu ada yang bertanya, "apa yang harus saya syukuri, saya orangmiskin, jelek, orang banyak yang menghina saya?" Bersyukurlah atas kehidupan yang telah allah berikan, lihat diri anda dikaca, masih banyak sodara kita yang jika kita pandang lebih hina kehidupannya dari kita, toh sekarang anda masih hidup, bisa bernafas bebas, panca indra anda sempurna, anda bisa berusaha lebih baik. Sekarang coba bandingkan dengan orang lain di beri kecacatan fisik, miskin dan jelek saya yakin kehidupan mereka justru lebih parah, lihat juga anak-anak yang di panti penampunang anak cacat, walaupun kehidupan mereka mungkin masadepan tidak secerah kehidupan anak yang sempurna fisiknya mereka tetap bisa hidup tersenyum dan bahagia dengan ke adaan mereka. Ini sebab mereka mau bersyukur atas karunia tuhan. Itulah Manfaat dari Bersyukur.

Manfaat Bersukur Dalam Kehidupan

1. Hidup dalam keberuntungan

Orang yang hidupnya bersyukur akan selalu berfikir positif didalam setiap hal yang menimpanya baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan. Beberapa penelitian dan buku yang saya jawab orang yang berfikir posistif lebih banyak mendapatkan keberuntungan daripada orang yang selalau berfikir negatif. 

2. Hidup dalam kebahagiaan

Menerima apa adanya dan bersyukur akan membuat orang yang menjalani hidup terasa indah karena tidak ada beban didalam hidupnya walau kenyataan tidak seperti yang dia angankan. Orang yang bersyukur akan selalu merasa hidupnya penuh dengan kecukupan, leh karena itu mereka selalu merasa bahagia karena yakin bahwa setiap apa yang dia peroleh itulah yangterbaik.

3. Memiliki wibawa dimata orang lain

Lihat orang yang berbahagia, bukankah mereka adalah orang yang hidupnya penuh dengan kebaikan, mereka memiliki wajah yang di hormati dan disayang oleh banyak orang karena wajah mereka dihiasi oleh senyum manis penuh sykur.

4. Terilihat lebih rupawan

Menurut para pakar pesikologi orang yang bersyukur akan memiliki wajah yang selalu tersenyum menajalani hidup dan orang yang selalu tersenyum itu manambah kecantikan dan ketampanan sebesar 20 % . Anda mau terlihat rupawan? Bersyukurlah atas apa yang anda miliki saat ini.

5.Awet muda dan umur panjang

Biasanya orang yang selalu bersyukur memiliki watak orang yang sabar, sedangkan orang yang sabar berdampak pada kesehatan dan awet muda karena otot wajah beraktifitas tidak terlalu banyak di bandingkan dengan orang yangmemiliki watak pemarah. 

Bagaiamana, menguntungkan bukan jadi orang yang bersyukur, yuk sama-sama kita belajar menjadi orang yangbersyukur atas nikmat tuhan yang diberikan kepada kita. Orang yang tidak mau bersyukur juga ada ancamannya lho.

Akibat Dan Ancaman Jika Tidak Mau Bersyukur

1. Hidup Menderita

Hidup rasanya selalu menjadi beban, iri dengan keberuntungan orang lain, dan enggan untuk berusaha lebih baik. Meraka yang tidak mau bersyukur hidupnya penuh dengan kesusahan,suka mengeluh dan menyelahkan takdir. 

2. Hidup menjadi selalu sial

Penelitian membuktikan orang yang tidak bersyukur selalu memiliki sifat negatif pada diri sendiri (Pesimis) dan pada orang lain (buruk sangka). Orang yang berfikir negatif lebih banyak mendapat kesialan dari pada orang yang berfikir Positif.

 3. Mudah terserang penyakit

Pemarah, Pengiri dan berfikirnegatif adalah sifat dari orang yang tidak mau bersyukur dengan keadaan yang dia miliki. Meraka cenderung cuek dengan lingkungan dan diri sendri, akibatnya kekebalan tubuh.

4. Di akhirot di siksa oleh tuhan

Q.s Ibrohim ayat 7 allah berfirman :  "Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian makaniscaya aku akan menambah nikmat yang telah akuberikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih." ayat itu menjelaskan bahwa orang yang tidak mau bersyukur atau kufur atas nikmat allah bahwa  siksaan yang pedih akan menimpa pada dirinya kelak ketika di akhirot.

Sekarang Andapilih mana? jadi orang yang bersyukur yang penih dengan manfaat atau jadi orang yang kufur tidak mau bersyukur yang mendapat kerugian di dunia dan di akhirot (kehidupan setelah di dunia).


Comments

Popular posts from this blog

Kajian Konsep Pendidikan Anak Dalam Islam

25 Nama Nama Nabi Yang Wajib Diketahui

Dalam Islam Dianjurkan Tidur Siang, Ternyata Ini Manfaatnya..!